Sabtu, 27 Desember 2014

Pasar Klewer Terbakar Kepolisian Langsung membantu memadamkan api

Kumpul News telah Mengumpulkan Berita Online Untuk para Pembaca

Diberitakan Oleh REPUBLIKA:

Pasar Klewer Terbakar, Kapolda Jateng: Masih Penanganan
Minggu, 28 Desember 2014, 00:41 WIB

REPUBLIKA, SEMARANG -- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen (Pol) Noer Ali turun langsung memantau penanganan kebakaran yang melanda Pasar Klewer, Solo, Sabtu malam. Didampingi Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Kombes (Pol) Iriansyah, Kapolda Jateng tiba di lokasi kebakaran pasar yang terletak di Jalan dr Rajiman, Solo, Jawa Tengah, itu.
Namun, Kapolda enggan berkomentar banyak saat ditanya wartawan terkait kebakaran Pasar Klewer yang menjadi pusat perdagangan tekstil dan batik, yang hingga kini belum padam. "Ini masih penanganan," kata Noer Ali.
Dari pantauan di lokasi, hingga kini api yang melalap Pasar Klewer belum bisa dijinakkan, meski sejumlah mobil pemadam kebakaran se-eks Karesidenan Surakarta dikerahkan. Satu unit mobil "water cannon" juga dikerahkan kepolisian setempat untuk membantu memadamkan api, tetapi api masih tetap membesar karena angin yang bertiup kencang di kawasan itu.
Hujan deras yang sempat mengguyur kawasan Pasar Klewer cukup lama kini sudah reda, namun angin masih bertiup kencang sehingga membuat kobaran api sulit dikuasai petugas pemadam. Sampai sejauh ini, belum diketahui jumlah kios yang habis dilalap si jago merah, namun dari pantauan api sudah melalap habis separuh dari pusat penjualan tekstil dan batik itu.
Api sudah melahap sebagian bangunan lantai satu dan dua Pasar Klewer. Dari informasi sementara, diperkirakan ratusan kios yang terletak di Blok A dan C Pasar Klewer ludes terbakar. Suasana di sekitar kawasan Pasar Klewer juga masih gelap gulita karena listrik dipadamkan, sementara ribuan orang tampak menonton kebakaran hebat yang menghanguskan pasar tersebut.

=================

Diberitakan Oleh TRIBUNNEWS:

Sudah 4 Jam Pasar Klewer Terbakar Belum Berhasil Dipadamkan
Minggu, 28 Desember 2014 00:10 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno
TRIBUNNEWS, SOLO - Pasar Klewer Solo dilalap si jago merah pada Sabtu (27/12/2014) malam.
Dari informasi yang dihimpun, kebakaran di pasar tekstil yang beromzet hingga belasan miliar rupiah ini, kebakaran terjadi jam 19.45 WIB.
Pedagang di Pasar Klewer, Agus Tri mengatakan kejadian berawal di blok DD lantai yang dekat dengan Kantor Himpunan Pedagang Pasar Klewer.
"Katanya ada konsleting listrik (arus pendek), di sekitar blok DD. Karena pemadam terlambat dan anginnya sangat kencang maka api akhirnya membesar hingga ke blok lainnya," ujar Agus kepada Tribun Jateng.
Agus menambahkan kiosnya berada di lantai satu blok B. Tetapi saat akan mengamankan barang di kiosnya, petugas kepolisian melarang semua pedagang untuk masuk.
Hal senada juga diungkapkan karyawan di kios Pasar Klewer, Nurul yang mengatakan bahwa para pedagang biasanya juga masih meninggalkan sebagian uang hasil penjualan di dalam pasar.
"Di kios tempat saya masih ada Rp 10 juta, dan belum saya setorkan kepada bos saya," papar Nurul yang kiosnya juga berada di lantai satu.
Nurul menambahkan biasanya jam enam sore semua toko sudah tutup dan para karyawan atau pemilik toko sudah pada mengkunci kiosnya masing-masing.
Kebakaraan yang melanda Pasar Klewer ini, hingga pukul 24.00 WIB masih belum berhasil dipadamkan, meskipun hujan mengguyur Kota Bengawan. (*)
Terkait#Pasar Klewer#Solo#terbakar
Berita Terkait: Pasar Klewer Terbakar
Tak Sabar Lihat Pemadam, Wali Kota Solo Langsung Naik Tangga
Pasar Klewer Dikenal Pasar Tekstil Terbesar di Indonesia
Sehari, Perputaran Uang di Pasar Klewer Capai Rp 17 Miliar
Atap Pasar Klewer Solo Mulai Runtuh Dilalap Api
Pedagang Hanya Bisa Menangis Melihat Kios dan Barang Daganganya Terbakar

=======================

Diberitakan Oleh TEMPO:

TEMPO, Solo - Sebagian pemilik kios Pasar Klewer berdatangan ke tempat usahanya yang terbakar, Sabtu malam, 27 Desember 2014. Mereka hanya bisa meratapai tanpa bisa berbuat apa-apa. Sebab, hampir bisa dipastikan barang dagangan tekstil yang dilalap api sulit diselamatkan.

Beberapa perempuan histeris karena dagangannya sudah jadi abu. Berdasarkan pantauan Tempo, api menyala hebat di lantai dua pasar, tepatnya di Blok DD dan CC. Hanya saja, api belum bisa dikendalikan sehingga merembet ke arah blok BB dan AA.

Mobil pemadam berdatangan dan langsung menyemprotkan air ke titik api. Namun, karena angin kencang dan api terus menjalar, upaya pemadaman belum berhasil hingga pukul 10.30 WIB. (Baca: Kedekatan Jokowi dengan Pasar Klewer, Apa Saja?)

Sedangkan blok A, B, C dan D yang berada di lantai bawah belum bisa dipastikan kondisinya. Pedagang tidak mungkin menerobos masuk untuk menyelamatkan barang dagangannya lantaran hawa yang sangat panas. "Habis semua. Habis semua...," teriak seorang pedagang.

Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, terletak berdampingan dengan Karaton Surakarta. Pasar ini juga dekat dengan Masjis Agung. Saban hari didatangi ribuan pengunjung. Jumlah pedagang lebih dari 1.500 orang. Mereka menempati kios di lantai satu dan dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar