Sabtu, 27 Desember 2014

Kronologi Pasar Klewer Solo Terbakar kesaksian warga setempat

Pasar Klewer Solo terbakar di tengah dimulainya Sekaten malam ini

Kumpul News telah Mengumpulkan Berita Online Untuk para Pembaca

Diberitakan Oleh :

Kronologi Pasar Klewer Solo Terbakar

Kronologi Pasar Klewer Solo Terbakar – Pasar Klewer di Solo Jawa Tengah lebakaran petang ini. Kebakaran di pusat batik terbesar di Indonesia tersebut membikin semua warga jadi panik.

Menurut kesaksian warga setempat, api pertama kali nampak muncul dari lantai 2 blok barat daya sekitar pukul 20.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Pasar Klewer Kebakaran tersebut sudah membikin warga sekitar panik. Pasar tersebut sudah tutup mulai pukul 17.00 WIB sore tadi.

Pantauan Kami, Hari sabtu (27/12/2014), pukul 20.25 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), petugas pemadam kebakaran berusaha melaksanakan pemadaman api, namun terhambat disebabkan pintu-pintu kios sudah tertutup. Petugas Pemadam men-coba menjebol sejumlah kios di bagian selatan dan juga barat untuk memasukkan selang dan juga menyemprotkan air bagian tersebut. Api sudah melahap bagian selatan dan juga barat bangunan berlantai dua tersebut.

Hingga kali ini upaya pemadaman masih terus belangsung. Kondisi cuaca di kota Solo yang sedang mendung diharapkan turut menolong pemadaman kalau turun hujan gerimis.

“Saya kebetulan melintas sekitar situ, orang-orang pada teriak kebakaran. Pastinya (kebakaran) saya tidak ngerti, soalnya saya bawa anak dan juga langsung pulang, ” kata warga, Tika (28).

Tika memberitahukan, di petang minggu seperti ini, di keraton Surakarta yang tidak jauh dari lokasi kebakaran di pasar skaten. Warga pun membludak.

Sementara itu, melansir akun twitter @polseklaweyan, kali ini pasar Klewer tertutup untuk diakses publik disebabkan prosedur pemadaman dan juga evakuasi.

Polsek Laweyan juga mengimbau ke-pada warga sekitar untuk tidak mendekati lokasi kebakaran, ter-masuk untuk mengambil benda-benda di dalam pasar.

==================

Diberitakan Oleh Solopos :
Pasar Klewer Solo terbakar di tengah dimulainya Sekaten malam ini.

Solopos, SOLO — Pasar Klewer terbakar hebat, Sabtu (27/12/2014) malam ini. Api membakar kawasan timur pasar tersebut, tepatnya di blok E yang terhubung dengan Jl. Supit Urang yang padat kendaraan.



Api mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB di blok tersebut. Untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran mengerahkan lima mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Namun upaya tersebut terhambat oleh macetnya jalanan Kota Solo, khususnya kawasan sekitar Pasar Klewer yang sedang padat kendaraan.

“Karena kebetulan malam Minggu, dan ini ada Sekaten,” kata Haryani, petugas kebakaran yang meluncur ke lokasi melalui sambungan telepon dengan Solopos FM.

Api semakin membesar dan belum bisa dipadamkan hingga saat ini. Belum diketahui penyebab kebakaran. Karena lokasi sulit diakses mobil pemadam kebakaran, masyarakat setempat sudah berupaya cepat untuk mengendalikan api.

===================

Diberitakan Oleh INILAH :

INILAH, Solo - Ratusan kios ludes terbakar di Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/12/2014) malam. Bahkan, separuh atap lantai 2 pasar ambruk.

Menurut informasi Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani sampai saat ini diperkirakan 700 kios sudah mengalami keruskaan akibat kebakaran. "Api masih berkobar dan tidak hanya membakar pasar bagian barat, sisi selatan, tapi juga sisi utara," kata Kusbani, di sela-sela evakuasi yang dikutip dari Solopos FM.

Hujan rintik yang mengguyur kawasan Solo tak juga memadamkan api. Saat ini pedagang masih terus berusaha mengamankan barang dagangan. Sebagian atap bahkan sudah tinggal rangka dan berjatuhan ke bawah.

Sementara itu, di tengah upaya pemadaman kebakaran Pasar Klewer, sejumlah pedagang yang menempati kios renteng di sisi selatan pasar berusaha menyelamatkan barang dagangan.

Kios renteng ini tidak terkena api tetapi pedagang berusaha mengamankan barang dagangan mereka. Saat ini situasi pasar sangat crowded. Petugas pemadam k3bakaran sempat kesulitan mengevakuasi karena jalurnya dipadati pedagang dan pengunjung yang ingin melihat kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar